Pernahkah Anda Melihat Wujud Iblis?



Pernahkah melihat wujud iblis? Tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang mungkin secara langsung melihatnya kecuali Nabi Yahya as. Iblis dulunya merupakan penghuni surga, sangat menawan, dan saleh dengan doa-doa yang makbul.

Tradisi agama Islam dan Nasrani menyebut iblis sebagai malaikat yang terusir. Mahluk surga yang terbuat dari api. Berbeda dengan malaikat yang terbuat dari cahaya.

Kitab Ghawr Al Umur dari tulisan Al Hakin At-Tirmidzi memaparkan kesaksian hamba Tuhan, yaitu Nabi Yahya as yang berbincang dan meminta iblis memperlihatkan wujud asli. Iblis sendiri berbincang dengan Nabi Yahya karena nabi-nabi lain tidak 'enak' diajak berbicara. Para nabi sangat keras terhadap iblis. Hal ini bukan berarti Nabi Yahya berlemah lembut kepada iblis.

Nabi Yahya as meminta iblis memperlihatkan wujud aslinya, dan jebakan-jebakan apa saja yang dibuatnya untuk menyesatkan jalan hidup manusia. Mendengar permintaan tersebut, iblis menjawab, "Wahai Nabi pesuruh Allah, itu sungguhlah berat. Permintaanmu menempatkan aku dalam posisi teramat sulit. Akan tetapi aku tidak bisa menolak permintaanmu. Syaratnya, jangan ada orang lain bersamamu saat melihat".

Nabi Yahya as. mengiyakan permintaan iblis. Keesokan harinya iblis menemui Nabi Yahya as. Pada saat pertemuan itulah iblis langsung mengubah ke wujud aslinya.

Secara fisik tubuh iblis serupa babi, wajahnya mirip kera dengan mata memanjang seperti halnya mulutnya, dengan hidung menghadap ke atas. Tidak ada janggut di dagunya. Kepala hanya ditumbuhi rambut jarang dengan mengarah ke atas dan telur di kepala.

Iblis memiliki dua tangan di bahu dan di kening dengan jari-jari berjumlah enam. Dua sayap di punggungnya. Ada berhala Majusi di atas iblis, dan bajunya ada enam jenis minuman warna warni. Di tangannya terdapat lonceng besar.

Nabi Yahya melihat bentuk fisik iblis yang sangat buruk, lalu bertanya mengapa sampai memiliki wujud seburuk itu. Iblis menjawab, "Tadinya aku berasal dari golongan malaikat yang mulia. Aku tidak pernah mengangkat kepalaku, dan sujud yang selalu kulaksanakan selama empat ratus ribu tahun lamanya. Akan tetapi aku telah melanggar perintah Tuhan dengan tidak bersedia bersujud kepada Adam as. Allah murka dan melaknat aku".

Iblis juga menjelaskan bahwa selama di surga tidak satu pun makhluk lain yang sepertinya. Elok, indah dan sangat patuh pada Allah. Tapi saat ini, wujudnya telah berubah karena menentang perintah Allah. [Kopi]

Artikel Terkait Dengan Pernahkah Anda Melihat Wujud Iblis?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar